danau beratan bedugul

Danau Beratan Bedugul, Lokasi Wisata yang Terbalut Unsur Religius

danau beratan bedugul

Danau Beratan Bedugul termasuk ke dalam salah satu The World’s 20 Most Beautiful Lake. Oleh sebab lokasi ini menjadi salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Lokasinya dikelilingi oleh perbukitan asri. Selain indahnya pemandangan alam yang disajikan, suasana religius dan kebudayaan yang kental juga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke danau Beratan. Berbagai hal berikut perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Danau Beratan dan Aktivitas Umat Beragamanya

Terdapat Pura Ulun Danu yang berlokasi di pinggir Danau Beratan Bedugul. Tidak hanya berhubungan dengan agama Hindu, didalamnya terdapat stupa Budha yang selalu dipelihara dan dijaga bersama. Tidak jauh dari lokasi stupa, Anda bisa juga menemukan keberadaan masjid. Sehingga bisa dilihat betapa masyarakat Bali menerapkan toleransi antar umat beragama. Tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi satu arah dengan danau Beratan.

Lokasi ini hingga kini masih menjadi tempat para umat untuk beribadah maupun melaksanakan upacara keagamaan dan kebudayaan. Misalnya saja upacara adat Melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Selain itu, upacara Pakelem juga dilakukan di sana sebagai bentuk syukur atas kesuburan dan kemakmuran. Berbagai kegiatan tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Danau ini berada di Jalan Raya Candi Kuning, Desa Candikuning, Kecamatan Baturitu, Tabanan. Danau Beratan Bedugul sendiri terletak di daerah pegunungan. Tepatnya berada di ketinggian kurang lebih 1240 mdpl. Luasnya sendiri sekitar 375,6 hektar. Kedalamannya mencapai 22-48 meter. Lokasinya yang terletak di pinggir jalan raya penghubung Kabupaten Buleleng dan Tabanan, menjadikannya mudah untuk ditemukan.

Apabila Anda dari Kuta, maka memerlukan waktu sekitar 120 menit untuk mencapai lokasi. Bagaimana dengan harga tiket masuk? Harga tiket masuknya sendiri untuk wisatawan domestik dewasa adalah Rp20.000,-, sedangkan anak-anak Rp15.000,-. Parkir kendaraan roda dua Rp2000,-, roda empat Rp5000,-, sedangkan bus seharga Rp10.000,-.

Daya Tarik Bagi Wisatawan

  1. Pemandangan dan Suasananya yang sejuk

Mengenai pemandangannya, tentu tidak perlu ditanyakan lagi. Pemandangan luas danau yang dikelilingi pegunungan mampu memanjakan mata wisatawan. Terdapatnya pura di tepi danau menjadikan pemandangan landscape semakin sempurna. Karena lokasinya di ketinggian, wisatawan bisa menikmati udaranya yang sejuk. Namun disarankan untuk sedia jas hujan atau payung saat berkunjung. Hal tersebut dikarenakan curah hujan di sana yang tergolong tinggi.

  • Pura Ulun Danu

Salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan dari danau adalah keberadaan pura ini. Pura semakin ikonik karena terpampang dalam lembar uang 50 ribu rupiah. Letaknya yang di tepi danau, menjadikannya tampak mengambang di atas air saat waktu air tinngi. Terdapat 5 pura yang bisa dijumpai. Terdapat pula satu buah Stupa Buddha yang menghadap ke arah selatan.

  • Perkebunan

Danau menjadi sumber pengairan di sana. Sehingga perkebunan disekitarnya pun tumbuh dengan subur. Apabila anda berkunjung, tidak ada salahnya berkunjung ke berbagai perkebunan yang berada di sekitar Danau Beratan Bedugul. Misalnya saja kebun buah strawberry. Anda bisa berekreasi sambil mencoba pengalaman memetik strawberry langsung dari pohonnya. Tentu cocok untuk wisata keluarga Anda dan liburan semakin menyenangkan.

  • Memancing

Apabila cukup lama berlibur di Bedugul, apa salahnya mencoba untuk memancing di Danau Beratan. Apalagi untuk Anda yang memang memiliki hobi memancing. Cobalah memancing di sore hari sambil menikmati pemandangan. Bagaimana dengan peralatan memancing? Tidak perlu khawatir karena pengunjung bisa menyewanya di lokasi wisata tersebut. Biaya sewa alatnya pun masih terbilang cukup murah.

  • Monkey Zone

Berbeda dengan monkey forest yang ada di Ubud atau di Pura Uluwatu, lokasi ini masih bisa wisatawan temukan di kawasan wisata Danau Bedugul. Tepatnya berada di sepanjang jalan penghubung Wanagiri dan Pancasari. Di sana Anda bisa menemukan kumpulan monyet liar yang menunggu pengguna jalan untuk sekadar berhenti memberi makan. Tidak ada salahnya untuk berhenti dan menyaksikan tingkah lucu satwa ini.

  • Keberadaan Satwa

Tidak hanya pemandangan dari Danau Beratan Bedugul yang bisa dinikmati, Anda juga bisa menyaksikan keberadaan satwa di sekitar Pura Ulun Danu. Tepatnya yaitu terdapat rusa serta kijang di sana. Satwa tersebut dapat ditemukan dekat dengan taman bunga. Keberadaannya sendiri ada yang di kandang.

Sebenarnya objek wisata tersebut merupakan sebuah kompleks Danau Bedugul. Terdapat 3 danau yang bisa Anda temukan di sana. Yaitu Danau Beratan, Buyan dan Tamblingan. Danau Buyan terletak di Desa Pancasari, tepatnya berada di tengah-tengah kedua danau yang lain. sedangkan Danau Tamblingan berada di Desa Munduk. Cobalah untuk mengeksplor ketiganya saat Anda berkunjung ke Bedugul.

Jika Anda ingin lebih mudah untuk mengunjungi danau Beratan dan tempat wisata lainnya alangkah baiknya menggunakan jasa sewa mobil dan supir Bali yang memang sudah berpengalaman dan terpercaya.

Itulah beberapa hal yang perlu wisatawan ketahui sebelum berkunjung. Supaya semakin lengkap, Anda juga bisa menyewa kapal untuk berkeliling. Pengunjung bisa menyewa speed boat berkapasitas empat orang. Bisa juga memesan sampan yang mengharuskan penumpang untuk mendayung. Menggunakan kapal mana pun, tentu lebih luar biasa bila bisa berkeliling menikmati keindahan Danau Beratan Bedugul secara langsung dan nikmati keindahan alam Pulau Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *