air terjun di bali

Air Terjun di Bali, Keindahan Selain Pantai di Pulau Dewata

Mungkin diantara wisatawan Bali belum banyak yang tahu destinasi wisata air terjun di Bali yang wajib untuk dikunjungi. Berwisata di Pulau Bali tidak melulu harus berburu wisata pantai saja, karena masiih banyak “surga-surga” tersembunyi di Bali yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah destinasi wisata air terjun. Yuk, ketahui 7 air terjun yang ada di Baliyang recommended untuk dijadikan tempat liburan yang seru.

Air Terjun Kanto Lampo

Bosan dengan pemandangan pantai-pantai saat berlibur di Bali? Anda bisa mengunjungi salah satu wisata di Gianyar Bali yaitu Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun di Bali ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Gianyar Bali. Karena lokasinya yang berada di dataran rendah, sehingga pada siang hari suhu air terasa hangat.

Berwisata di air terjun Kanto Lampo bisa memanjakan Anda dengan guyuran airnya yang sejuk. Apalagi akses untuk menuju lokasi di kota ini juga tidak terlalu sulit dibanding wisata Air Terjun lainnya di Bali.

Air terjun Kanto Lampo asal dari sumber mata air dalam tanah dan juga berasal dari saluran irigasi. Air irigasi tersebut dulunya digunakan untuk mengairi Subak yang berada di bagian hilir. Namun karena saluran yang tersumbat sehingga membuat aliran air meluap dan terbentuklah aliran air terjun Kanto Lampo hingga saat ini.

Air terjun di Bali ini berada di kawasan pemukiman penduduk sehingga pada awalnya memang belum dikenal oleh wisatawan. Kawasan wisata ini dulunya hanya dimanfaatkan oleh penduduk untuk mencari pasir dan batu di sekitar sungai aliran air terjun sebagai bahan bangunan.

Air terjun Kanto Lampo mulai populer pertama kali pada tahun 2015 foto keindahannya tersebar di media sosial. Sejak saat itulah air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata lainnya di Bali.

Air Tejun Tukad Cepung

Selain air terjun Kanto Lampo, Bali juga memiliki air terjun Tukad Cepung yang berada di kawasan Bali Tengah. Wisata Air Terjun ini memiliki daya tarik luar biasa dengan menghadirkan hawa sejuk yang tentunya disukai oleh para wisatawan. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pesona air terjun Tukad Cepung ini memiliki daya tarik yang berbeda dibanding air terjun lainnya di Pulau Bali. Anda juga bisa mengunjungi wisata pantai di Bali jika bosan dengan air terjun.

Salah satu air terjun di Bali ini memiliki ketinggian sekitar 15 m di mana lokasinya berada diantara tebing yang saling mengimpit. Saat siang hari, sinar matahari yang masuk melalui sela-sela tapi semakin menambah keindahan air terjun. Warna air terjunnya masih tampak jernih dan cantik serta dikelilingi tebing yang ditumbuhi lumut berwarna hijau setelah beberapa tanaman.

Lokasi wisata ini memang terlihat eksotis ketika dinikmati pada siang hari saat matahari menerobos masuk ke sela-sela terdiri dari atas. Efek masuknya sinar matahari memberikan kesan yang sangat indah sekali layaknya cahaya surga yang terlihat dari bumi.

Tempat wisata air terjun di Bali ini memang belum ramai pengunjung, sehingga suasana alami dan asri pun masih dapat dinikmati di air terjun Tukad Cepung. Diiringi dengan suara gemericik air terjun yang mampu menenangkan hati. Sehingga tak heran jika air terjun memang menjadi destinasi wisata yang tepat untuk rileksasi atau sekedar melepas penat.

Sedikit luangkan waktu Anda untuk menikmati eksotisme dari air terjun Tukad Cepung. Meskipun masih tergolong sebagai tempat wisata baru, namun kawasan wisata ini sudah terbilang memiliki fasilitas yang bagus. Pengelolaannya pun masih dilakukan secara Swadaya oleh masyarakat lokal. Termasuk akses menuju air terjun di dasar lembah yang sudah cukup baik dan aman untuk dilewati pengunjung.

Untuk menuju kawasan air terjun ini Anda akan melewati Jalan Setapak di mana harus melintasi jembatan yang terbuat dari bambu. Sungguh pengalaman yang sangat menakjubkan bagi Anda yang hobi travelling.

air terjun di bali

Air Terjun Banyumala

Berwisata di Pulau Bali tidak harus berkunjung ke pantai-pantainya saja. Ada alternatif destinasi wisata di Bali lainnya yang tak kalah keren, yaitu Air Terjun Banyumala . Air terjun di Bali ini berada di dasar Lembah Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng Bali yang dikelilingi dengan deretan bukit-bukit.

Kawasan wisata di Lembah Desa Wanagiri sebenarnya bukan hanya air terjun Banyumala  saja, karena di sini pengunjung juga dapat menemukan beberapa air terjun lainnya yang tidak berada jauh seperti air terjun munduk, air terjun Aling Aling dan air terjun Gitgit.

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, berpetualang ke air terjun Banyumala  bisa jadi alternatif yang tepat untuk sejenak melepas penat dari kota yang menjenuhkan. Nikmati keindahan wisata air terjun di Bali yang masih sangat asri karena memang belum terjamah oleh banyak wisatawan.

Air terjun Banyumala sendiri memiliki tiga aliran air terjun, dimana untuk air terjun terbesar dan tertinggi berada di bagian tengah. Sementara untuk 2 air terjun payung yang lebih kecil berada di kiri dan kanan yang mengapit air terjun utama. Sehingga banyak wisatawan yang suka menyebut air terjun ini sebagai air terjun kembar Banyumala  yang menyajikan pemandangan eksotis ketika dilihat dari kejauhan.

Hempasan air dari ketinggian yang tampak seperti lukisan alam bisa menjadi objek foto yang menarik. Destinasi wisata ini juga cocok dijadikan tujuan solo traveller karena suasananya yang tenang.

air terjun sekumpul

Air Terjun Sekumpul

Salah satu objek wisata antimainstream di Pulau Bali yaitu Air Terjun Sekumpul yang menawarkan pemandangan yang sangat memukau. Banyak wisatawan yang menyebut air terjun ini sebagai salah satu dari air terjun paling indah di Pulau Dewata Bali.

Sehingga tak heran dari awal munculnya foto-foto air terjun Sekumpul di media sosial, pesona air terjun di Bali ini pun mampu menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara yang terus bertambah setiap tahunnya.

Air terjun Sekumpul ini sangat istimewa karena lokasinya yang tersembunyi serta dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi tersebut. Jadi bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya menyiapkan stamina lebih karena Anda harus melakukan perjalanan dan melalui banyak tangga licin.

Bahkan pengunjung harus menyeberangi sungai untuk melihat air terjun cara lebih dekat. Meskipun dibutuhkan usaha ekstra, keindahan air terjun Sekumpul tidak akan mengecewakan perjuangan Anda.

Keunikan lainnya dari air terjun Sekumpul yaitu adanya tujuh air terjun lain di sekitar sini. Itulah mengapa orang-orang sekitar menyebutnya sebagai air terjun Sekumpul atau sekumpulan air terjun. Bahkan ada juga warga lokal yang menyebutnya sebagai air terjun tujuh.

Beberapa hal yang harus Anda siapkan jika ingin berkunjung ke tempat wisata air Terjun di Bali ini diantaranya seperti pakaian ganti dan sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Karena memang di kawasan sekitar air terjun tidak ada penjual makanan maupun minuman.

Anda bisa menggunakan alas kaki yang nyaman dan anti selip agar tidak kesulitan ketika melewati medan yang harus ditempuh selama perjalanan. Mengingat akses menuju air terjun Sekumpul yang cukup ekstrim, sehingga tidak disarankan datang ke lokasi saat musim hujan karena jalannya yang basah dan licin.

Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Air Terjun Sekumpul, lokasinya berada di desa Sidokumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali. Kurang lebih lokasinya berada sekitar 85 km dari bAndara Ngurah Rai.

air terjun di bali

Air Terjun Aling-aling

Mungkin banyak yang belum tahu tentang wisata Air Terjun Aling Aling sebagai salah satu air terjun tersembunyi di Pulau Bali. Air terjun di Bali ini berada di kawasan Bali Utara, tepatnya yaitu berada di kota Singaraja Kabupaten Buleleng Bali. Lokasi nya kurang lebih berjarak 110 km dari pusat Kota Bali atau dari Bandara Ngurah Rai dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 3 jam.

Salah satu air terjun di Bali ini merupakan salah satu air terjun yang patut Anda kunjungi. Meskipun lokasinya yang tersembunyi, namun lokasi wisata ini sudah dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, bahkan oleh para selebgram. Salah satu daya tariknya adalah pemandangan yang masih sangat asri dan eksklusif dimana kawasan wisatanya tidak ramai pengunjung.

Ketinggian air terjun ini mencapai 35 meter dan cukup tinggi untuk membuat pengunjung terkena hembusan air yang tertiup oleh angin ketika berada di dekat air terjun.

air terjun nungnung

Air Terjun Nungnung

Air terjun yang berada di kabupaten Badung Bali ini menjadi salah satu air terjun yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dibanding lainnya. Karena memang air terjun Nungnung sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan yang sangat eksotis yang bisa Anda jumpai di lokasi ini sanggup untuk membuat Anda betah berlama-lama di kawasan air terjun di Bali ini.

Meskipun air terjun Nungnung sudah ramai dikunjungi wisatawan, namun keasrian dari tempat wisata ini masih sangat terjaga. Apalagi lokasinya yang berada di areal pedesaan sehingga menambah nuansa sejuk dan segar di air terjun ini. Karena bukan merupakan tempat wisata baru, sehingga fasilitas di air terjun demam sudah cukup memadai untuk memberi kenyamanan pengunjung.

Air terjun Nungnung sendiri memiliki ketinggian mencapai 50 meter dengan lokasinya yang berada di ketinggian 900 m diatas permukaan laut. Sehingga suhu udara di tempat ini cukup sejuk.

air terjun tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Objek wisata Air Terjun di Bali selanjutnya adalah Tegenungan  juga menjadi salah satu air terjun yang wajib dikunjungi saat Anda berwisata di Pulau Dewata Bali. Air terjun ini berada di Gianyar Bali yang berjarak 30 km dari kota kita. Lokasinya sangat terjangkau sebagai kawasan pariwisata, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara dari Kuta.

Disini Anda akan dimanjakan dengan panorama air terjun yang masih Asri. Air terjun Tegenungan memang bukan objek wisata baru di Pulau Bali. Karena memang lokasinya yang paling dekat dengan Bandara Ngurah Rai, sehingga air terjun ini sering dijadikan destinasi wisatawan ketika berlibur ke Pulau Bali.

Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 20 m dengan debit air yang cukup deras dan jernih mengalir di sungai. Aliran dari air terjun ini dialirkan ke subak-subak pertanian sebagai sumber irigasi untuk persawahan yang berada di sekitarnya.

Bagaimana menurut Anda? Setelah membahas air terjun diatas apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu dari 7 air terjun di Bali tersebut? Apabila iya selamat berlibur dan semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *