wisata bali utara

Wisata Bali Utara Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Destinasi wisata Bali utara juga tidak kalah menarik dengan wisata-wisata yang ada di Denpasar atau Badung maupun sekitarnya. Seperti yang kita tahu bahwa Pulau Bali memang merupakan salah satu destinasi tujuan wisata lokal maupun mancanegara. Sehingga tak heran jika dari tahun ke tahun jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Seribu Pura ini selalu meningkat.

Sayangnya, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali hanya mengenal tempat wisata di sekitar Denpasar saja dan belum banyak yang mengenal wisata Bali Utara. Padahal potensi wisata di Bali bagian utara juga menyimpan eksotisme yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya di Pulau Bali yang sudah terkenal.

wisata bali utara

Ulun Danu Beratan Bedugul

Salah satu tempat wisata Bali Utara yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pura Ulun Danu Bratan. Pura ini merupakan sebuah candi yang ada di Bali, dengan Candi utamanya adalah Pura Ulun Danu. Kompleks wisata Bali bagian utara ini berada di tepi barat laut Danau Beratan di kawasan pegunungan dekat Bedugul.

Danau Beratan sendiri dikenal sebagai Danau Gunung Suci dengan kawasan yang sangat subur yang berada pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Sehingga suhu udara di kawasan wisata ini cukup sejuk dan cenderung dingin. Pura Ulun Danu memiliki stupa Budha yang menggambarkan keharmonisan umat agama Hindu dan Budha sejak zaman dulu.

Pura dan stupa Budha tersebut selalu dijaga dan mendapatkan pemeliharaan rutin sehingga kebersihannya selalu terjaga. Pura ini digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap Sang Hyang Dewi Danu sebagai sang pemberi kesuburan. Oleh karenanya sangat disayangkan apabila anda tidak mengunjungi Pura Ulun Danu sekaligus menikmati eksotisme Danau Beratan Bedugul.

Aktivitas yang bisa anda lakukan di Danau Beratan Bedugul yaitu dapat menyewa perahu dan speed boat. Disini Anda juga bisa menikmati sejuknya udara dengan berjalan kaki di sekitar tepi danau. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam setengah. Perjalanan menuju Bedugul Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil dengan supir, dari pusat Kota Denpasar ke Bedugul. Kurang lebih jaraknya 60 hingga 70 km.

Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 08.00 pagi hingga 06.00 sore. Akan tetapi sayangnya tempat wisata ini akan ditutup apabila dalam kondisi berkabut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebun Raya Bedugul

Bali tidak hanya memiliki objek wisata pantai saja, disini Anda juga bisa menemukan objek wisata keluarga yaitu Kebun Raya Bedugul Bali. Salah satu tempat Wisata Bali Utara ini menyebabkan fenomena alam terbaik dan sangat bisa dinikmati oleh pengunjung. Di sini pengunjung tidak hanya bisa berekreasi atau berwisata saja karena juga dapat bisa menimba ilmu pengetahuan terkait tumbuh-tumbuhan.

Karena Kebun Raya Bedugul dinobatkan sebagai Kebun Raya Botanical terluas di Indonesia. Sehingga tempat wisata ini memang cocok sebagai destinasi wisata keluarga maupun wisata edukasi. Kebun Raya Bedugul yang berada di luas wilayah 157,5 hektar ini sangat tepat dijadikan sebagai pelepas penat karena suasananya yang bersuhu sejuk. Kebun raya ini berada di ketinggian dengan Hawa yang dingin mencapai 20 derajat Celcius di siang hari dan 12 derajat Celcius di malam hari.

Ada beberapa keistimewaan dari Kebun Raya Bedugul Bali ini diantaranya terdapat beberapa Spot menarik seperti candi bentar, kebun mawar, Ramayana Boulevard, pemandangan Danau Beratan, rumah kaca, kebun kaktus, Taman Anggrek, rumah tradisional Bali, Taman Begonia, taman air serta masih banyak Spot menarik lainnya.

Kebun Raya Bedugul dibangun sekitar tahun 1955 yang berasal dari gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo. Pendirian dari kebun raya ini yaitu dijadikan sebagai tempat konservasi flora sekaligus sebagai tempat wisata. Di sini pengunjung bisa menikmati lebih dari 2000 jenis spesies tanaman, termasuk tumbuhan langka. Objek wisata Bali Utara ini tidak boleh Anda lewatkan jika kesempatan untuk berkunjung ke Bali Utara.

Pura Taman Ayun

Tempat wisata Bali Utara lainnya yang harus Anda kunjungi adalah Taman Ayun atau yang disebut juga Pura Taman Ayun Bali. Taman ini berada di desa Mengwi sebagai salah satu pura paling cantik yang ada di Pulau Dewata. Sehingga tak heran jika para wisatawan baik lokal maupun asing berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat wisata ini. Apalagi pura Taman Ayun sebenarnya tidak begitu jauh dari kota Denpasar, kurang lebih berjarak 18 kilometer.

Di tempat wisata Bali Utara ini anda akan disuguhi sebuah Kompleks pura yang dikelilingi taman cantik di dalamnya. Karena keindahannya yang diakui internasional, Taman ini sempat muncul dalam Around The World In 80 Gardens.

Pura Taman Ayun dibangun pada masa kerajaan Mengwi di tahun 1634 dan sempat mengalami proses renovasi pada tahun 1750. Karena pura ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, sehingga membuat pura Taman Ayun Bali selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi dengan desain arsitektur yang mengagumkan, tentunya menarik perhatian kaum milenial yang ingin mencari spot foto.

Di sisi lain Pura Taman Ayun Bali juga memiliki unsur magis beserta nilai seni yang tinggi. Pura Taman Ayun Bali juga dikenal sebagai pura yang berdiri paling megah di Pulau Bali. Taman ini berada diatas tanah seluas 100 kali 250 meter persegi yang didalamnya terbagi menjadi pelataran dalam dan pelataran luar. Kedua pelataran tersebut dipisahkan oleh sebuah kolam.

Di bagian pelataran dalam, pengunjung dapat menyaksikan kemegahan dari wisata Bali Utara pura Taman Ayun Bali ini secara lebih dekat.  Di pelataran dalam ini juga terdapat 9 patung penjaga yang ditempatkan di setiap penjuru mata angin. Menurut kepercayaan umat Hindu, 9 patung tersebut menyimbolkan Dewata Nawa Sanga.

jatiluwih

Objek Wisata Bali Utara Jatiluwih

Jatiluwih sebenarnya merupakan nama desa yang berada di kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Bali. Akan tetapi sejak tahun 2000, jatiluwih dinobatkan sebagai daerah tujuan wisata dengan panorama keindahan alam yang sangat eksotis. Disini pengunjung akan disuguhkan keindahan sawah berundak yang berada di ketinggian rata-rata 700 mdpl.

Suasananya yang sejuk dan segar membuat tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai lokasi untuk relaksasi. Pemandangan sistem sawah terasering menjadi eksotisme hamparan sawah yang memanjakan mata. Tidak hanya pemandangan berupa sawah saja, di tempat wisata ini pengunjung juga dapat menikmati air terjun Yeh Ho yang berada di Jalan Batu Desa jatiluwih Tabanan.

Pengunjung cukup berjalan kaki di jalan setapak dan berliku. Meskipun perjalanannya yang cukup ekstrim namun dijamin anda tidak akan kecewa dengan pemandangan air terjun yang disuguhkan tempat wisata ini. Selain air terjun Yeh Ho, desa wisata jatiluwih juga memiliki Pura Taksu Agung yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Pura Taksu Agung ini cukup menarik perhatian banyak wisatawan. Pura ini masih aktif digunakan sebagai tempat untuk memohon taksu atau Karisma dan kewibawaan kepada Ida Betara, sehingga banyak pengunjung yang juga melakukan permohonan tersebut. Berwisata di salah satu tempat wisata Bali Utara ini Anda juga bisa menikmati keindahan alam dengan bersepeda.

Wisata Jatiluwih memang menyediakan tempat penyewaan sepeda bagi pengunjung yang ingin berkeliling desa tanpa harus lepah jalan kaki. Tarif sewanya pun cukup murah dan terjangkau untuk kalangan wisatawan lokal. Selain berkeliling menggunakan sepeda, Anda juga bisa berkeliling desa jatiluwih menggunakan kuda. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas menunggang kuda yang ditemani dengan tour guide berpengalaman.

Pura Alas Kedaton

Berwisata di Bali tidak hanya tentang pantai saja, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat Wisata Bali Utara ini. Pura Alas Kedaton merupakan sebuah pura Hindu peninggalan zaman megalitikum kuno yang sakral. Alas Kedaton sendiri merupakan hutan monyet yang berada di kecamatan Marga kabupaten Tabanan Bali. Kurang lebih berada 35 km dari kota Denpasar.

Pura Alas Kedaton memang terletak di tengah-tengah hutan yang dihuni oleh ribuan monyet serta ratusan kelelawar. Menurut penduduk sekitar, monyet di hutan ini sangat ramah dan cukup dekat dengan pengunjung karena mereka selalu memberi makanan berupa kacang-kacangan.

Akan tetapi meskipun monyet-monyet di hutan cukup jinak, pengunjung tetap dihimbau untuk waspada dan berhati-hati apabila mereka mendekat dengan monyet-monyet tersebut. Alas Kedaton sendiri menjadi salah satu hutan monyet yang paling terkenal dan terbesar di pulau Bali.

Bagi pengunjung yang suka dengan panorama hutan atau alas, Alas Kedaton bisa jadi alternatif tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan. Tidak perlu takut tersesat, karena tempat wisata ini memiliki pemandu lokal yang akan menemani pengunjung untuk melihat-lihat kawasan hutan.

Bagi pengunjung yang ingin membeli souvenir atau cinderamata, tidak perlu khawatir karena lokasi objek wisata Alas Kedaton ini juga dekat dengan kios-kios penjaja souvenir. Fasilitas lainnya yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung di tempat wisata Bali Utara ini yaitu adanya taman bermain untuk anak-anak serta beberapa sasaran prasarana lainnya yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung selama berwisata di Alas Kedaton.

tanah lot bali

Pura Tanah Lot

Hampir sebagian besar wisatawan Pulau Bali yang berkunjung ke tempat wisata Bali Utara, pasti mengenal tempat wisata Tanah Lot Bali. Tanah Lot memang menjadi destinasi wisata utama yang selalu menjadi tujuan wisatawan. Di sini pengunjung tidak hanya menikmati keindahan pantai Tanah Lot saja, karena tempat wisata ini juga identik dengan bangunan puranya.

Pura yang terkenal di tempat wisata di Bali utara yaitu Pura Batu Bolong dan Pura Luhur. Selain kedua pura tersebut, juga ada enam pura lainnya dimana jarak antara satu pura dengan pura lainnya cukup berdekatan. Sehingga pengunjung bisa menikmati satu per satu tempat suci umat Hindu yang berada di Tanah Lot tersebut.

Selain bangunan pura, pengunjung juga bisa menikmati beberapa gua di sekitar Tanah Lot. Salah satunya adalah gua ular suci di mana di dalam gua tersebut terdapat ular yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, ular ular di dalam buah tersebut diyakini sebagai penjaga pura yang ada di sana.

Meskipun ular-ular tersebut berbisa dan cukup berbahaya, namun pengunjung tetap diperbolehkan untuk berfoto dengan ular-ular tersebut dengan didampingi oleh pawang. Demikian itulah beberapa tempat wisata Bali Utara yang tidak boleh Anda lewatkan dan mungkin bisa menjadi referensi destinasi wisata Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *